Monday, November 6, 2017

Khasiat Elderberry Untuk Mengobati Sinusitis


Elderberry / Sambucus adalah genus tumbuhan berbunga di keluarga Adoxaceae. Spesies Sambucus  yang berbeda  biasanya disebut elderberry atau elder. Buah dan bunga tanaman tua digunakan sebagai obat. Elderberry berasal dari Eropa, Afrika dan sebagian Asia, tapi sudah umum di AS. Daunnya gugur, bunga putih (elderflowers) dan buah beri yang berubah dari hijau ke merah menjadi hitam saat matang. 


Khasiat Elderberry Untuk Mengobati Sinusitis


Sambucus nigra adalah nama ilmiah lengkap dari varietas yang paling umum digunakan untuk tujuan pengobatan. Sambucus nigra adalah spesies di mana sebagian besar penelitian ilmiah telah dilakukan. Ini adalah pohon gugur tumbuh setinggi 32 kaki dengan bunga krem ​​putih dan buah beri biru-hitam. Nama umum lainnya untuk Sambucus nigra termasuk penatua hitam, tetua Eropa, elderberry Eropa dan elderberry hitam Eropa. Pohon elderberry atau pohon elderberry menghasilkan buah yang biasa digunakan dalam sirup, selai dan anggur, antara lain makanan dan minuman.
Bunga elder Eropa mengandung sekitar 0,3 persen minyak esensial yang tersusun dari asam lemak bebas dan alkana. The triterpenes alpha dan beta-amyrin, asam folat, asam oleanolic, betulin, asam betulinat dan berbagai komponen minor lainnya telah diidentifikasi. Buah Elderberry mengandung quercetin , kaempferol, rutin , asam fenolik dan antosianin. Elderberry juga mengandung flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel, dan anthocyanidins, senyawa kimia yang diketahui memiliki efek imunostimulan

Buah mentah terdiri dari 80 persen air, 18 persen karbohidrat, dan kurang dari 1 persen protein dan lemak. Elderberry secara alami kaya akan vitamin C , vitamin A, vitamin B6 , zat besi dan potassium, di antara nutrisi penting lainnya.

Elderberry merupakan tanaman tua yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni mengobati flu secara alami, mengatasi masalah sinus, nyeri saraf, pembengkakan, kelelahan kronis, alergi, sembelit bahkan kanker

Manfaat Kesehatan Elderberry

  • Mengobati Flu

Elderberry adalah pendorong sistem kekebalan tubuh umum yang sangat baik. Buah mengandung senyawa kimia yang disebut anthocyanidins, yang diketahui memiliki efek imunostimulan. Ekstrak Elderberry telah terbukti menjadi pengobatan yang aman, efisien dan hemat biaya untuk gejala flu dan flu

Sebuah studi tahun 2016 yang dipublikasikan di Nutrients  menunjukkan bahwa suplementasi elderberry dapat mengurangi durasi dan gejala pilek pada pelancong udara. Pelancong yang menggunakan ramuan ini dari 10 hari sebelum melakukan perjalanan sampai empat sampai lima hari setelah tiba di luar negeri mengalami rata-rata durasi fluida dua hari yang lebih pendek dan juga pengurangan gejala dingin yang nyata.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak yang lebih tua sangat efektif dalam mengurangi gejala mirip flu. Secara khusus, flavonoid dalam ekstrak elderberry berikatan dengan virus influenza H1N1 dan juga virus avian influenza H5N1. Sebuah penelitian di tahun 2009 mengelompokkan pasien menjadi dua kelompok: Satu kelompok diberi empat dosis ekstrak elderberry 175 miligram setiap hari, dan kelompok lainnya menerima plasebo setiap hari selama dua hari. Kelompok yang diobati dengan ekstrak menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kebanyakan gejala flu sementara kelompok plasebo tidak menunjukkan perbaikan atau peningkatan tingkat keparahan gejala. Peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak tersebut efektif dalam mengendalikan gejala influenza.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of International Medical Research menunjukkan bahwa ketika ekstrak tersebut digunakan dalam 48 jam pertama timbulnya gejala flu, penelitian ini memperpendek durasi gejala flu rata-rata empat hari.
  • Mengobati Sinusitis

Dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan elderberry, masuk akal bahwa ini dapat membantu masalah sinus. Infeksi sinus adalah suatu kondisi di mana rongga di sekitar saluran hidung menjadi meradang, dan ramuan antivirus ini menjanjikan penyembuhan infeksi sinus .

Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Complementary Medicine Department of Internal Medicine di University Hospital di Zurich, Swiss meneliti penggunaan produk proprietary, Sinupret, yang berisi bunga elderberry. Para peneliti menggunakan Sinupret untuk mengobati sinusitis bakteri bersama dengan antibiotik (doksisiklin atau vibramycin) dan dekongestan. Orang yang mengambil kombinasi itu lebih baik dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengambil Sinupret. obat sinusitis tanpa operasi

  • Turunkan Gula Darah

Bunga dan berry secara tradisional telah digunakan untuk mengobati diabetes . Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa ekstrak elderflower merangsang metabolisme glukosa dan sekresi insulin, menurunkan kadar gula darah.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengevaluasi tindakan serupa insulin elderberry dan tindakan pemberian insulin in vitro. Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak air elder secara signifikan meningkatkan transport glukosa, oksidasi glukosa dan glikogenesis tanpa penambahan insulin. Apa itu glikogenesis , dan mengapa penting? Glikogenesis adalah proses dimana gula berlebih dibersihkan dari aliran darah dan masuk ke otot dan hati Anda, yang membantu mempertahankan gula darah normal .
  • Sebagai Diuretik Alami

Penatua telah ditunjukkan untuk mempromosikan buang air kecil dan buang air besar. Studi telah menunjukkan bahwa elderberry atau Sambucus memiliki efek diuretik alami. Diuretik adalah zat yang mempromosikan produksi urin. Dokter meresepkan diuretik saat tubuh menahan terlalu banyak cairan, yang merupakan masalah umum pada orang dewasa yang lebih tua 
  • Mengobati sembelit

Elderberry juga bisa membantu sembelit. Percobaan acak kecil melihat senyawa yang biasa digunakan di Brasil untuk mengobati sembelit. Senyawa ini mengandung elderberry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa obat yang lebih tua-sentris ini adalah obat pencahar alami yang efektif untuk pengobatan sembelit. Sayangnya, saat ini tidak ada penelitian yang mengisolasi elderberry itu sendiri untuk  menghilangkan sembelit , diperlukan lebih banyak penelitian.
  • Meningkatkan kesehatan kulit

Elderberry telah berhasil masuk ke produk kosmetik dan untuk alasan yang baik. Its bioflavonoid dan antioksidan, bersama dengan tinggi vitamin A konten, membuatnya mengagumkan untuk kesehatan kulit. Periset menduga bahwa senyawa yang ditemukan di elderberry bisa memberi dorongan alami pada kulit.
  • Alergi Mudah
Bunga tanaman tua dikenal sebagai obat alergi herbal yang efektif. Karena alergi melibatkan reaksi berlebihan terhadap sistem kekebalan tubuh dan juga peradangan, kemampuan elderberry untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan peradangan yang menenangkan dapat membantu memberikan bantuan alergi .

Beberapa dukun memasukkan bunga elder hitam ke daftar ramuan paling efektif yang digunakan untuk mengobati gejala seperti demam. Ini bisa digunakan untuk alergi sendiri atau dikombinasikan dengan ramuan lainnya. Elderflower juga dikatakan bertindak sebagai alat detoksifikasi dengan meningkatkan fungsi hati.
 
  • Membantu Mencegah Kanker

Ekstrak berry yang dapat dimakan seperti ekstrak elderberry kaya akan anthocyanin dan telah terbukti memiliki spektrum luas sifat terapeutik, farmakologis dan anti-karsinogenik. Penelitian laboratorium secara khusus menunjukkan bahwa elderberry memiliki beberapa sifat kemopreventif. Kemopreventif menghambat, menunda atau membalikkan pembentukan kanker.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food membandingkan sifat antikanker buah elderberry Eropa dan Amerika. Elderberry Eropa  ( Sambucus nigra ) dikenal dengan penggunaan obat-obatan dan mengandung antosianin, flavonoid dan polifenol lainnya, yang semuanya berkontribusi pada kapasitas antioksidan tinggi dari buah berinya. Elderberry Amerika ( Sambucus canadensis ) belum tumbuh atau dipromosikan sebagai tanaman obat seperti kerabatnya di Eropa.

Penelitian ini mengambil ekstrak kedua buah beri dan menguji mereka untuk mengakses potensi antikanker. Kedua ekstrak tersebut menunjukkan potensi kemopreventif yang signifikan. Selain itu, ekstrak elder Amerika menunjukkan penghambatan ornithine decarboxylase, yang merupakan enzim yang terkait dengan tahap promosi pembentukan kanker. Temuan ini menunjukkan potensi sebagai pilihan pengobatan kanker alami

No comments:

Post a Comment